Senin, 13 Agustus 2012

RPP NIRMANA KELAS X SMK Bidang


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pengajaran

Nama Sekolah                             : SMK N 1 KALASAN
Mata Pelajaran                            : Dasar Kompetensi Kejuruan
Kelas / Semester                          : X KAYU A / 1
Pertemuan Ke                             : 1
Alokasi Waktu                             : 4 x 30Menit
Standar Kompetensi                   : Menggambar Nirmana
Kompetensi Dasar                       : Menyusun Elemen Seni Rupa ( Bidang )

Indikator Pencapaian Kompetensi :
  1. Mengidentifikasi pengertian bidang
  2. Mengidentifikasi macam-macam bidang
3.      Mampu mengekplorasi kretifitas diri melalui menggambar komposisi bidang
A.   Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
  1. Menjelaskan dan mengidentifikasi pengertian bidang
  2. Menjelaskan dan mengidentifikasi macam-macam bidang
4.      Mampu mengekplorasi kreatifitas diri melalui komposisi bidang
B.  Materi ajar
a.      Bidang
1.      Pengertian Bidang
Bidang dalam seni rupa merupakan salah satu unsur seni rupa yang terbentuk dari hubungan beberapa garis. Bidang dibatasi kontur dan merupakan 2 dimensi, menyatakan permukaan, dan memiliki ukuran Bidang dasar dalam seni rupa antara lain, bidang segitiga, segiempat, trapesium, lingkaran, oval, dan segi banyak lainnya
Bidang adalah suatu bentuk yang memiliki dimensi panjang dan lebar serta menutupi area.(Sumber Buku: Nirmana”Dasar-dasar seni dan Desain”)
2.      Macam-macam bidang
Bidang dapat dikelompokkan menjadi dua macam, yaitu:
a.    Bidang geometris
Bentuk geometris merupakan bentuk yang terdapat pada ilmu ukur meliputi:
1.    Bidang kubistis, contohnya segitiga, kubus dan balok.
2.    Bidang silindris, contohnya tabung, kerucut, dan bola.
b.    Bidang nongeometris
Bentuk nongeometris berupa bentuk yang meniru bentuk alam, misalnya manusia, tumbuhan, dan hewan.
3.      Membuat komposisi bidang
Komposisi bentuk geometri

Komposisi bentuk nongeometri

C.  Metode Pembelajaran:
Informasi, Demonstrasi, Tanya jawab, Praktek
D.  Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Estimasi Waktu
Metode
Media
Sumber Bahan
Pendahuluan

a)       Membuka pelajaran, Salam dan berdoa
b)       Melakukan presensi kehadiran siswa
c)       Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
d)       Apersepsi :  
-          Menanyakan hal  yang di ketahui tentang Bidang

alokasi waktu
10
Menit
a)       Ceramah



Penyajian (inti)

a)       Eksplorasi
Siswa mencermati, mengingat, dan menyebutkan hal yang terjadi pada lingkungan sekitar yang ada hubungannya dengan materi  komposisi bidang

a.       Elaborasi
-          Guru menjelaskan pengertian dan macam-macam bidang
-          Memberikan contoh gambar bidang geometris dan nongeometris
-          Memberikan contoh komposisi bidang geometris dan nongeometris
-          Pemberian tugas

b.       Konfirmasi
-          Guru memberi solusi terhadap konsep/pemahaman yang salah yang diperoleh dari siswa ,  dan menyelesaikan perbedaan konsep antar siswa.
-          Guru meberikan acuan dari berbagai sumber, agar siswa dapat mengecek  hasil eksplorasi dan elaoborasi.

alokasi waktu 100
menit
a)       Diskusi
b)       Ceramah
c)       Tanya jawab
Buku pegangan
Kriya_KeramikWahyu Gatot Budiyanto dkk Jilid 1
2008

Buku: Nirmana”Dasar-dasar seni dan Desain” Drs. Sadjiman Ebdi Sanyoto
Penutup
a)       Kesimpulan tentang materi yang sudah dijelaskan dalam pembelajaran.
b)       Guru menyampaikan komptensi  yang akan dipelajarai pada pertemuan selanjutnya
c)       Guru memberikan tugas rumah membuat komposisi titik dan garis
d)       Salam penutup

alokasi 10
menit
a)       Ceramah


E. Penugasan
Pertemuan ke-1
Tugas Praktek:
1.      Membuat  komposisi bidang geometris
2.       Membuat  komposisi bidang nongeometris
Alat dan bahan :
a.       Pensil 2B
b.      Bolpoin dan spidol
c.       Penghapus
d.      Penggaris
e.       Kertas A4
F.   Penilaian
a. Penilaian Afektif
a.             Sikap siswa dalam mengikuti KBM
b.             Keaktifan siswa dalam kegiatan KBM
b. Penilaian Kognitif
a.Kemampuan siswa menjawab pertanyaan yang diberikan pada saat sesi tanya jawab
         c. Penilaian Psikomotorik
a.              Penilaian gambar
                     (Instrumen Penilaian Terlampir)
G. Penilaian individu
NO
                      Aspek
                     Nilai
1
             Komposisi dan proporsi

2
                       Kreatifitas

3
             Finising dan Kerapian

4
                   Penilaian Sikap


                          Jumlah


Jumlah skor
    X 100 = nilai
Total skor

Tabel skor
No
Jumlah skor
Nilai
keterangan
1.
20 -25
81 -100
Sangat baik
2.
16 – 20
61 – 80
Baik
3.
11 – 15
41 – 60
Cukup
4.
6 -10
21 -40
Kurang
5.
0 – 5
0 - 20
Sangat kurang

Pedoman penilaian

No


Standar Nilai


Nilai
11
101
1


8,6-10


86-100

A
2


8,0-8,5


80-85

A-
3


7,5-7,9


75-89

B+
4



7,1-7,4


71-74

B
5


6,6-6,5


66-65

B-
6


6,1-6,5


61-65

C+
7


5,6-6,0


56-60

C
8


0,0-5,5


0-55

D

H. Sumber Belajar :
o   Buku Kriya Keramik (Mengenai Nirmana) SMK Jilid I Tahun 2008
o   Buku Seni Budaya SMK Jilid 1 Kelas X
               Kalasan, 30 Juli 2012
Mengetahui                                                                            
Guru Pembimbing                                                                                          Mahasiswa PPL                      

Winarno S.pd                                                                                              Bayu Wiyanta N. P
NIP.                                                                                                            NIM.09206241002


NB: Ini hanya sekedar contoh..kalo ada kekuragan ya mohon di maafkan...karena saya juga masih belajar...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar