Senin, 13 Agustus 2012

RPP NIRMANA SMK KELAS X Titik dan Garis


Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Pengajaran

Nama Sekolah                             : SMK N 1 KALASAN
Mata Pelajaran                            : Nirmana
Kelas / Semester                          : X KAYU A / 1
Pertemuan Ke                             : 1
Alokasi Waktu                             : 4 x 30Menit
Standar Kompetensi                   : Menggambar Nirmana
Kompetensi Dasar                       : Menyusun Elemen Seni Rupa Titik dan Garis
Indikator Pencapaian Kompetensi :
  1. Mengidentifikasi pengertian titik
  2. Mengidentifikasi pengertian garis
  3. Mengidentifikasi pengertian garis menurut wujudnya
  4. Mengidentifikasi pengertian sifat garis
5.      Mampu mengekplorasi kretifitas diri melalui menggambar garis
A.   Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
  1. Menjelaskan dan mengidentifikasi pengertian titik
  2. Menjelaskan dan mengidentifikasi pengertian garis
3.      Menjelaskan dan mengidentifikasi pengertian garis menurut wujudnya
4.      Menjelaskan dan mengidentifikasi pengertian sifat garis
5.      Mampu mengekplorasi kreatifitas diri melalui menggambar garis
B.  Materi ajar
a.      Titik
1.      Pengertian titik
Titik adalah tidak berbentuk dan tidak mempunyai ukuran. Titik merupakan suatu ide yang abstrak ( Ensiklopedia )
Titik/bintik merupakan unsur dasar seni rupa yang terkecil. Semua wujud dihasilkan mulai dari titik. Titik dapat pula menjadi pusat perhatian, bila berkumpul atau berwarna beda.Titik yang membesar biasa disebut bintik
2.      Membuat komposisi titik
...................................................................................
;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;
;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
..................................................................................
..................................................................................
b.        Garis
2        Pengertian garis
Garis adalah suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu benda, ruang, rangkaian masa dan warna. Garis bisa panjang, pendek, tebal, tipis, lurus, melengkung, berombak, vertical, horizontal, putus-putus dan sebagainya. Berbagai macam garis tersebut kakarakteristik yang berbeda seperti keras, kokoh, stabil, lembut, dinamis dan masih banyak lagi.
3        Pengertian garis menurut wujudnya
Garis nyata yaitu garis yang dihasilkan dari goresan langsung.
Garis semu yaitu garis yang timbul karena adanya kesan benda (kontur) dari suatu bidang warna atau ruang.
  1. Sifat garis
-Garis vertical menggambarkan sifat tegas, mempertingi obyek, sutu yang tak terbatas.
-Garis horizontal menggambarkan sifat keluasan lapang, lega, memperpendek suatu obyek, memperluas ruang
            -Garis diagonal atau miring, menggambarkan sifat dinamis dan gerak.
-Garis patah-patah, menggambarkan gerakan yang lebih dinamis dan ritmi
-Garis lengkung, mengambarkan sifat lemah lembut, gemulai, fleksibel, lentur, tidak kaku.
Membuat Komposisi Garis Sesuai dengan karakterya.
Komposisi merupakan susunan atau paduan beberapa unsur seni rupa yang memenuhi  persyaratan yang tertuju pada penciptaan nilai-nilai artistic berupa kesan kesatuan, simetri, irama, keseimbangan, dan harmoni sehingga karya mejadi terasa utuh, jelas dan memikat. Dalam membuat komposisi garis perlu mempertimbangkan komposisi. Komposisi garis dapat dilakukan dengan menempatkan gambar secara simetris, asimetris, kontras, memusat, diagonal, acak, terpotog, berirama, bebas, ataupun memperbesar obyek gambar.
Apabila diperhatikan paduaan unsur-unsur garis yang berdampingan satu dengan yang lainnya akan menimbulkan kesan selaras (harmoni) atau kesan yang bertentangan (kontras). Rangkaian kesan selaras dan kontras menimbulkan irama, komposisi akan terasa bagus kalau mempunyai focus ( pusat perhatian)..

Beberapa contoh komposisi garis :

Komposisi garis horizontal dan vertical
Komposisi garis dinamis
Komposisi garis repitisi
C.  Metode Pembelajaran:
Informasi, Demonstrasi, Tanya jawab
D.  Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan
Kegiatan Pembelajaran
Estimasi Waktu
Metode
Media
Sumber Bahan
Pendahuluan

a)       Membuka pelajaran, Salam dan berdoa
b)       Melakukan presensi kehadiran siswa
c)       Menyampaikan tujuan pembelajaran kepada siswa
d)       Apersepsi :  
-          Menanyakan hal  yang di ketahui tentang DKJ (nirmana)
Motivasi :
-          Menyampaikan Manfaat mempelajari DKJ
alokasi waktu
10
Menit
a)       Ceramah



Penyajian (inti)
a.       Eksplorasi
Siswa mencermati, mengingat, dan menyebutkan hal yang terjadi pada lingkungan sekitar yang ada hubungannya dengan materi  DKJ ( Nirmana)
b.       Elaborasi
-          Guru menjelaskan pengertian dan elemen-elemen Nirmana
-          Menjelaskan pengertian titik dan garis
-          Memberikan contoh gambar titik dan garis berdasarkan sifatnya
-          Pemberian tugas

c.        Konfirmasi
-          Guru memberi solusi terhadap konsep/pemahaman yang salah yang diperoleh dari siswa ,  dan menyelesaikan perbedaan konsep antar siswa.
-          Guru meberikan acuan dari berbagai sumber, agar siswa dapat mengecek  hasil eksplorasi dan elaoborasi.

alokasi waktu 100
menit
a)       Diskusi
b)       Ceramah
c)       Tanya jawab
Buku pegangan
Kriya_Keramik_Wahyu_Gatot_Budiyanto dkk_Jilid_1
2008
Penutup
a)       Kesimpulan tentang materi yang sudah dijelaskan dalam pembelajaran.
b)       Guru menyampaikan komptensi  yang akan dipelajarai pada pertemuan selanjutnya
c)       Guru memberikan tugas rumah membuat komposisi titik dan garis
d)       Salam penutup

alokasi 10
menit
a)       Ceramah



E. Penugasan
Pertemuan ke-1
Tugas Praktek:
1.      Membuat  eksplorasi garis bebas
2.      Membuat  eksplorasi garis kombinasi.
Alat dan bahan :
a.       Pensil 2B
b.      Bolpoin dan spidol
c.       Penghapus
d.      Penggaris
e.       Kertas A4

F.   Penilaian
a. Penilaian Afektif
a.             Sikap siswa dalam mengikuti KBM
b.             Keaktifan siswa dalam kegiatan KBM
b. Penilaian Kognitif
a.Kemampuan siswa menjawab pertanyaan yang diberikan pada saat sesi tanya jawab
         c. Penilaian Psikomotorik
a.              Penilaian gambar
                     (Instrumen Penilaian Terlampir)

G. Penilaian individu
NO
                      Aspek
                     Nilai
1
             Komposisi dan proporsi

2
                       Kreatifitas

3
             Finising dan Kerapian

4
                   Penilaian Sikap


                          Jumlah


Jumlah skor
    X 100 = nilai
Total skor

Tabel skor
No
Jumlah skor
Nilai
keterangan
1.
20 -25
81 -100
Sangat baik
2.
16 – 20
61 – 80
Baik
3.
11 – 15
41 – 60
Cukup
4.
6 -10
21 -40
Kurang
5.
0 – 5
0 - 20
Sangat kurang




Pedoman penilaian

No


Standar Nilai


Nilai
11
101
1


8,6-10


86-100

A
2


8,0-8,5


80-85

A-
3


7,5-7,9


75-89

B+
4



7,1-7,4


71-74

B
5


6,6-6,5


66-65

B-
6


6,1-6,5


61-65

C+
7


5,6-6,0


56-60

C
8


0,0-5,5


0-55

D
H. Sumber Belajar :
o   Buku Kriya Keramik (Mengenai Nirmana) SMK Jilid I Tahun 2008
o   Buku Seni Budaya SMK Jilid 1 Kelas X
               Kalasan, 30 Juli 2012
Mengetahui                                                                            
Guru Pembimbing                                                                                          Mahasiswa PPL                      

Winarno S.pd                                                                                              Bayu Wiyanta N. P
NIP.                                                                                                            NIM.09206241002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar