Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
Pengajaran
Nama Sekolah : SMK N 1 KALASAN
Mata Pelajaran :
Nirmana
Kelas / Semester :
X KAYU A / 1
Pertemuan Ke :
1
Alokasi Waktu :
4 x 30Menit
Standar Kompetensi :
Menggambar Nirmana
Kompetensi Dasar : Menyusun
Elemen Seni Rupa Titik dan Garis
Indikator Pencapaian Kompetensi :
- Mengidentifikasi pengertian titik
- Mengidentifikasi pengertian garis
- Mengidentifikasi pengertian garis
menurut wujudnya
- Mengidentifikasi pengertian sifat
garis
5. Mampu mengekplorasi kretifitas diri
melalui menggambar garis
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa mampu :
- Menjelaskan
dan mengidentifikasi pengertian titik
- Menjelaskan
dan mengidentifikasi pengertian garis
3. Menjelaskan dan mengidentifikasi
pengertian garis menurut wujudnya
4. Menjelaskan dan mengidentifikasi
pengertian sifat garis
5. Mampu mengekplorasi kreatifitas diri melalui menggambar garis
B. Materi ajar
a. Titik
1. Pengertian titik
Titik adalah tidak berbentuk dan tidak mempunyai ukuran. Titik merupakan
suatu ide yang abstrak ( Ensiklopedia )
Titik/bintik merupakan
unsur dasar seni rupa yang terkecil. Semua wujud dihasilkan mulai dari titik.
Titik dapat pula menjadi pusat perhatian, bila berkumpul atau berwarna
beda.Titik yang membesar biasa disebut bintik
2. Membuat komposisi titik
...................................................................................
;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;
;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
..................................................................................
..................................................................................
b. Garis
...................................................................................
;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;
;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;;
::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::::
..................................................................................
..................................................................................
b. Garis
2
Pengertian garis
Garis adalah suatu hasil goresan nyata dan batas limit suatu
benda, ruang, rangkaian masa dan warna. Garis bisa panjang, pendek, tebal,
tipis, lurus, melengkung, berombak, vertical, horizontal, putus-putus dan
sebagainya. Berbagai macam garis tersebut kakarakteristik yang berbeda seperti
keras, kokoh, stabil, lembut, dinamis dan masih banyak lagi.
3
Pengertian garis menurut wujudnya
Garis nyata yaitu garis yang dihasilkan
dari goresan langsung.
Garis semu yaitu garis yang timbul karena adanya kesan benda (kontur) dari
suatu bidang warna atau ruang.
- Sifat garis
-Garis vertical menggambarkan
sifat tegas, mempertingi obyek, sutu yang tak
terbatas.
-Garis horizontal
menggambarkan sifat keluasan lapang, lega, memperpendek suatu obyek, memperluas
ruang
-Garis diagonal atau
miring, menggambarkan sifat dinamis dan gerak.
-Garis patah-patah,
menggambarkan gerakan yang lebih dinamis dan ritmi
-Garis lengkung, mengambarkan sifat lemah lembut, gemulai, fleksibel, lentur, tidak kaku.
Membuat Komposisi Garis Sesuai dengan karakterya.
-Garis lengkung, mengambarkan sifat lemah lembut, gemulai, fleksibel, lentur, tidak kaku.
Membuat Komposisi Garis Sesuai dengan karakterya.
Komposisi
merupakan susunan atau paduan beberapa unsur seni rupa yang memenuhi persyaratan yang tertuju pada penciptaan nilai-nilai
artistic berupa kesan kesatuan, simetri, irama, keseimbangan, dan harmoni
sehingga karya mejadi terasa utuh, jelas dan memikat. Dalam membuat komposisi
garis perlu mempertimbangkan komposisi. Komposisi garis dapat dilakukan dengan
menempatkan gambar secara simetris, asimetris, kontras, memusat, diagonal,
acak, terpotog, berirama, bebas, ataupun memperbesar obyek gambar.
Apabila
diperhatikan paduaan unsur-unsur garis yang berdampingan satu dengan yang
lainnya akan menimbulkan kesan selaras (harmoni) atau kesan yang bertentangan
(kontras). Rangkaian kesan selaras dan kontras menimbulkan irama, komposisi
akan terasa bagus kalau mempunyai focus ( pusat perhatian)..
Beberapa contoh komposisi garis :
Komposisi garis horizontal dan vertical
Komposisi garis dinamis
Komposisi garis repitisi
C. Metode Pembelajaran:
Informasi, Demonstrasi, Tanya jawab
D. Kegiatan Pembelajaran:
Pertemuan
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Estimasi Waktu
|
Metode
|
Media
|
Sumber Bahan
|
Pendahuluan
|
a) Membuka pelajaran, Salam dan berdoa
b) Melakukan presensi kehadiran siswa
c) Menyampaikan tujuan pembelajaran
kepada siswa
d) Apersepsi :
-
Menanyakan hal yang di ketahui tentang DKJ (nirmana)
Motivasi :
-
Menyampaikan Manfaat
mempelajari DKJ
|
alokasi waktu
10
Menit
|
a) Ceramah
|
||
Penyajian (inti)
|
a.
Eksplorasi
Siswa mencermati, mengingat, dan menyebutkan hal yang terjadi
pada lingkungan sekitar yang ada hubungannya dengan materi DKJ ( Nirmana)
b.
Elaborasi
-
Guru menjelaskan pengertian dan
elemen-elemen Nirmana
-
Menjelaskan pengertian
titik dan garis
-
Memberikan contoh gambar titik
dan garis berdasarkan sifatnya
-
Pemberian tugas
c.
Konfirmasi
-
Guru memberi solusi terhadap konsep/pemahaman yang salah
yang diperoleh dari siswa , dan
menyelesaikan perbedaan konsep antar siswa.
-
Guru meberikan acuan dari berbagai sumber, agar siswa dapat
mengecek hasil eksplorasi dan
elaoborasi.
|
alokasi waktu 100
menit
|
a) Diskusi
b) Ceramah
c) Tanya jawab
|
Buku pegangan
|
Kriya_Keramik_Wahyu_Gatot_Budiyanto
dkk_Jilid_1
2008
|
Penutup
|
a)
Kesimpulan tentang materi yang sudah dijelaskan dalam pembelajaran.
b) Guru menyampaikan komptensi yang akan dipelajarai pada pertemuan
selanjutnya
c) Guru memberikan tugas
rumah membuat komposisi titik dan garis
d)
Salam penutup
|
alokasi 10
menit
|
a) Ceramah
|
E. Penugasan
Pertemuan ke-1
Tugas Praktek:
1.
Membuat eksplorasi
garis bebas
2.
Membuat eksplorasi garis kombinasi.
Alat
dan bahan :
a. Pensil
2B
b. Bolpoin
dan spidol
c. Penghapus
d. Penggaris
e. Kertas
A4
F.
Penilaian
a. Penilaian Afektif
a.
Sikap
siswa dalam mengikuti KBM
b.
Keaktifan
siswa dalam kegiatan KBM
b. Penilaian Kognitif
a.Kemampuan siswa menjawab pertanyaan yang diberikan
pada saat sesi tanya jawab
c. Penilaian Psikomotorik
a.
Penilaian
gambar
(Instrumen Penilaian Terlampir)
G.
Penilaian
individu
NO
|
Aspek
|
Nilai
|
1
|
Komposisi dan proporsi
|
|
2
|
Kreatifitas
|
|
3
|
Finising dan Kerapian
|
|
4
|
Penilaian Sikap
|
|
Jumlah
|
Jumlah skor
X 100 = nilai
Total skor
Tabel skor
No
|
Jumlah skor
|
Nilai
|
keterangan
|
1.
|
20 -25
|
81 -100
|
Sangat baik
|
2.
|
16 – 20
|
61 – 80
|
Baik
|
3.
|
11 – 15
|
41 – 60
|
Cukup
|
4.
|
6 -10
|
21 -40
|
Kurang
|
5.
|
0 – 5
|
0 - 20
|
Sangat kurang
|
Pedoman
penilaian
No
|
Standar Nilai
|
Nilai
|
|
11
|
101
|
||
1
|
8,6-10
|
86-100
|
A
|
2
|
8,0-8,5
|
80-85
|
A-
|
3
|
7,5-7,9
|
75-89
|
B+
|
4
|
7,1-7,4
|
71-74
|
B
|
5
|
6,6-6,5
|
66-65
|
B-
|
6
|
6,1-6,5
|
61-65
|
C+
|
7
|
5,6-6,0
|
56-60
|
C
|
8
|
0,0-5,5
|
0-55
|
D
|
H. Sumber Belajar :
o
Buku
Kriya Keramik (Mengenai Nirmana) SMK Jilid I Tahun 2008
o
Buku Seni Budaya SMK Jilid 1 Kelas X
Kalasan, 30 Juli 2012
Mengetahui
Guru Pembimbing Mahasiswa
PPL
Winarno S.pd Bayu Wiyanta N. P
NIP. NIM.09206241002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar